CONTOH BLANGKO PAK

7 05 2010

PAK atau Penetapan Angka Kredit merupakan syarat untuk kenaikan pangkat seorang pegawai negeri. Di sini disajikan contoh blangko PAK untuk guru PNS. Angka kredit untuk guru adalah kegiatan pengembangan profesi
guru. Kegiatan pengembangan profesi
guru merupakan pengamalan (penerapan)
keterampilan guru untuk
peningkatan mutu belajar
mengajar. Kegiatan ini akan menambah banyaknya guru yang profesional. Guru profesional dibuktikan dengan bukti fisik yang valid. Kadang ada guru yang pandai mengajar atau mendidik tetapi lemah dalam administratif. Dengan adanya angka kredit ini, guru dituntut untuk tertib administratif. Guru profesional bukan ditunjukkan dengan lamanya mengajar, tetapi banyaknya pengalaman yang selalu diperbaharui kearah yang lebih baik. Contoh yang diberikan, agar membantu guru dalam menyusun usul PAK. Terimakasih.

Contoh blangko usul PAK:

LAMPIRAN I.  KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI        PENDIDIKAN DAN

KEBUDAYAAN DAN KEPALA BADAN ANDMINISTRASI

KEPEGAWAIAN NEGARA.

NOMOR               : 0433/P/1993

NOMOR               : 25 TAHUN 1993

TANGGAL                       : 24 DESEMBER 1993

DAFTAR USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT JABATAN GURU

GURU MASDYA DAN GURU MADYA TINGKAT I (III/A DAN III/B)

MASA PENILAIAN : TANGGAL, 01 – 07 – 2008 S.D 30 – 06 – 2010

KETERANGAN PERORANGAN
1 NAMA RUDI, S.Pd
2 NIP / NOMOR SERI KARPEG 150355608
3 TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR GUNUNGKIDUL, 30 April 1972
4 JENIS KELAMIN PRIA
5 PENDIDIKAN YANG TELAH DIPERHITUNG

KAN ANGKA KREDITNYA

Strata 1/ Akta IV
6 PANGKAT/GOL. RUANG/TMT Penata Muda, III/b
7 JABATAN GURU / TMT Guru Madya
8 MASA KERJA GOLONGAN       LAMA

BARU

01  Tahun  06 Bulan

03  Tahun  06 Bulan

9 JENIS GURU Guru Mata Pelajaran
10 TUGAS Mengajar Bahasa Indonesia
11 ALAMAT                                       SEKOLAH

RUMAH

MTsN Gunungkidul

UNSUR YANG DINILAI

NO UNSUR UTAMA DAN SUB UNSUR ANGKA KREDIT MENURUT
SEKOLAH PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8 9

I

1.

2.

PENDIDIKAN

Pendidikan sekolah dan memperoleh

gelar/ijazah

95

-

95

Pendidikan dan Pelatihan Kedinasan serta memperoleh Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL)

a). lebih dari      960 jam                          x 15

b). antara 641 – 960 jam                          x 9
c). antara 481 – 640 jam                          x 6
d). antara 161 – 480 jam                  x 3
e). antara   81 – 160 jam                          x 2
f). anatara 30 –    80 jam              2 x 1 2 2 4

J U M L A H

97 99
1 2 3 4 5 6 7 8 9

II

1. PROSES BELAJAR MENGAJAR ATAU BIMBINGAN

Proses Belajar Mengajar (lihat Tabel)

Guru Madya dan Guru Madya TK.I

Golongan III/a  dan III/b

1)Melaksanakan penyusunan program pengajaran atau praktik

selama             4 smt    x    2,085

8,340

8,340

2)Melaksanakan penyajian pengajaran atau praktik  selama  24/18 x 4 smt    x    3,120    (1 minggu 18 jam)

16,640

16,640

3)Melaksanakan evaluasi belajar atau

praktik selama    4 smt    x    1,043

4,172

4,172

4)Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar atau praktik

selama                4 smt    x    0,690

2,760

2,760

5)Melaksanakan dalam penyusunan dan pelaksanaan  program perbaikan dan pengayaan selama   4 smt    x    0,690

2,760

2,760

6)Melaksanakan dalam penyusunan dan pelaksanaan  program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya ( Khusus Guru Kelas)

selama   ………………  smt    x    1,140

7)Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler

selama            4 smt    x    0,570

2,280

2,280

2 Melaksanakan tugas tertentu di sekolah

a. Kepala Sekolah, selama ……….tahun x 4

b. Wakil Kepala Sekolah, selama …….th x 2
3 Melaksanakan tugas di wilayah terpencil  Guru Dewasa sampai dengan Guru Dewasa Tingkat I, selama ……………….tahun x 10

J U M L A H

15,256 36,952 52,208

III

1.

PENGEMBANGAN PROFESI

Melaksanakan kegiatan karya tulis/ karya ilmiah dibidang pendidikan

a.Karya ilmiah hasil penelitihan, pengkajian, survei dan atau evaluasi di bidang pendidikan yang dipublikasikan.

1)      dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional

sejumlah …….……..karya  x 12,5

2)      dalam majalah ilmiah yang diakui oleh Departemen yang bersangkutan

sejumlah ……………karya  x 6

1 2 3 4 5 6 7 8 9
b.Karya ilmiah hasil penelitihan, pengkajian, survei dan atau evaluasi di bidang pendidikan yang tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan diperpustakaan sekolah

1)      dalam bentuk buku

sejumlah ………… karya x 8

2)      dalam bentuk makalah

sejumlah ………… karya x 4

c.Karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan yang dipublikasikan

1)      dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional

sejumlah …………karya  x 8

2)      dalam majalah ilmiah yang diakui oleh Departemen yang bersangkutan

sejumlah …………karya  x 4

d.Karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan yang tidak dipublikasikan

1)      dalam bentuk buku

sejumlah ……….. karya x 7

2)      dalam bentuk makalah

sejumlah ……….. karya x 3,5

e.Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa, sejumlah ……………. tulisan x 2
f.Menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah dalam pertemuan sejumlah ……. Kali x 2,5
g.Buku pelajaran atau modul

1)bertaraf nasional, sejumlah … buku x 5

2)bertaraf propinsi, sejumlah … buku x 3
h. Diktat pelajaran, sejumlah    diktat x 1
i. Mengalihbahasakan buku pelajaran / karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan sejumlah ….……buku/karya ilmiah x 2,5
2 Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan sejumlah ……….. temuan x 5
3 Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan dilakukan oleh

a. perorangan, sejumlah ……… kali x 0,5

b. tim, sebagai

-          ketua sejumlah …….. …kali x 0,3

-          anggota sejumlah …….. kali x 0,2

1 2 3 4 5 6 7 8 9
4 Menciptakan karya seni

Karya seni monumental/seni pertunjukan

Dilakukan oleh

a. perorangan, sejumlah ……… kali x 5

b. tim, sebagai

-          ketua sejumlah              kali x 3

-     anggota sejumlah ….. …kali x 2
5 Mengikuti kegiatan perkembangan kurikulum

a. Bersifat pembaruan sebagai:

-          ketua sejumlah ……. …kali x 4,5

-     anggota sejumlah ……. kali x 3,5
b. Bersifat penyempurnaan sebagai:

-    ketua sejumlah ….. …..…kali x 3

-    anggota sejumlah ……… kali x 2

J U M L A H    U N S U R   U T A M A

112,256 38,952 151,208

IV

1. PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR ATAU BIMBINGAN

Pengabdian pada masyarakat

a.Mengajar/melatih/menatar guru atau masyarakat, sejumlah …….. jam x 0,02

b.Kegiatan kemasyarakatan sekurang- kurangnya tingkat RW:

1)      Koperasi

2)      Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)

3)      Lembaga Musyawarah Desa (LMD)

4)      Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

5)      Karang Taruna

6)      Pramuka

7)      Keolahragaan/Kesenian

8)      Majlis Ta`lim dan yang sejenis sebagai

- pengurus aktif, selama     tahun x 0,25

- anggota aktif, selama ……tahun x 0,15
c.Pengurus aktif Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT)

selama ……………..….. tahun x 0,25

d. Kegiatan keagamaan (Guru di lingkungan Departemen Agama dan khusus guru mata pelajaran Pendidikan Agama di Departemen lain), setiap kali sebagai:

1) Khatib

- Idul Fitri/Idul adha

sejumlah          kali x 2

- shalat Jum`at

sejumlah     kali x 0,25

1 2 3 4 5 6 7 8 9
2) Pemimpin Renungan / Penatua

- Natal / Paskah, sejumlah …..kali x 2

- Minggu, sejumlah …….….. kali x 0,25

3) Dharma Duta

- Waisak / Asada, sejumlah ….kali x 2

- Minggu, sejumlah …………. kali x 0,25

4) Penceramah Agama

- Hari-hari besar Agama

sejumlah …………. kali x 0,5

- Hari-hari biasa

sejumlah ………… kali x 0,1

5) Panitia hari besar agama

- Pengurus, sejumlah  …..    kali x 0,25

- Anggota, sejumlah ….….. kali x 0,2

2

Pendukung Pendidikan

a. Mengikuti seminar / lokakarya, sebagai:

1) pemrasaran sejumlah …….. kali x 3

2) pembahas/ moderator / nara sumber

sejumlah …………………. kali x 2

3) peserta, sejumlah        1 kali x 1

1,000

1,000

b. Keanggotaan dalam organisasi profesi,

sebagai:

1) pengurus aktif, selama   tahun x 1

2) anggota aktif, selama   2 x 2 tahun x 0,5

2,000

2,000

c. Menjadi delegasi dalam pertemuan

ilmiah, sebagai:

1) ketua delegasi, sejumlah …….. kali x 3

2) anggota delegasi, sejumlah ….. kali x 2

d. Menjadi Tim Penilai Jabatan Guru

selama ……… tahun x 0,5

e. Menjadi panitia dalam kegiatan di sekolah

1) pengurus, selama 2 x 2 bulan x 0,25

1,000

1,000

2) anggota, sejumlah  9 x 2 bulan x 0,2 3,600 3,600
f. Mendapat tugas tertentu di sekolah sebagai
1) Wali kelas, selama    2 tahun x 0,5 1,000 1,000
2) Kepala instalasi, selama ….  tahun x 0,5
3) Pembina OSIS, selama   tahun x 0,5
4) Ketua jurusan, selama …….  tahun x 0,5
5) Kepala Urusan, selama   2 tahun x 0,5 1,000 1,000
6) Kepala Sanggar, selama ….   tahun x 0,5
7) Ketua program studi

selama ……………………. tahun x 0,5

8 Ketua bengkel, selama ……. tahun x 0,5
9) Ketua unit produksi,

selama ………. tahun x 0,5

10) Guru piket selama   2 tahun x 0,5 1,000 1,000
11) Kepala Asrama, dan yang sejenis

selama ……………….… tahun x 0,5

1 2 3 4 5 6 7 8 9
g. Membimbing siswa/mahasiswa dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL), Praktek Pengalaman Kerja (PKL), Pengalaman Kerja Nyata (PKN), dan yang sejenis, selama ……… jam x 0,02
h. Mendapat penghargaan / tanda jasa atas

prestasi kerjanya

- tingkat nasional/internasional,

selama .……………………. kali x 3

- tingkat Propinsi, selama ….. kali x 2,5

- tingkat Kabupaten/Kotamadya

selama …………………….. kali x 2

i. Mendapat gelar kehormatan akademis,

sejumlah ………………….…. gelar x 15

j. Mendapat gelar kesarjanaan lainnya

sejumlah………………..…… gelar x 5

JUMLAH UNSUR PENUNJANG

3,000 10,600 13,600
JUMLAH UNSUR UTAMA DAN

UNSUR PENUNJANG

115,256 49,552 164,808
About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: